Selasa, 24 November 2015

Program Perpustakaan Berdasarkan UML

Selamat Datang di Blogger saya Guys..
Pada kesempatan ini saya akan memberikan tutorial menggunakan java yaitu tentang Perpustakaan berdasarkan UML.

Unified Modeling Language (UML) merupakan salah satu alat bantu yang dapat digunakan dalam bahasa pemograman yang berorientasi objek, saatv ini UML akan mulai menjadi standar masa depan bagi industri penegembangan sistem/perangkat lunak yang berorientasi objek sebab pada dasarnya UML digunakan oleh banyak perusahaan raklsasa seperti IBM, Microsoft, dan sebagainya.


Dari data UML tersebut kita membutuhkan 4 kelas dalam pembuatan program

  1. Class Mahasiswa
  2. Class Peminjaman
  3. Class Buku
  4. Class Komik
Berikut langkah code pembuatan programnya
1. Buatlah codenya pada class "mahasiswa"


public class Mahasiswa
{
    private int nim;
    private String address;
    private String name;    

    public void setNIM (int nim)
    {
        this.nim=nim;
    }
    
    public int getNIM()
    {
        return nim;
    }

    public void setName (String nama)
    {
        this.name=nama;
    }

    public String getName()
    {
        return name;
    }
    
    public void setAddress(String alamat)
    {
        this.address=alamat;
    }

    public String getAddress()
    {
        return address;
    }
}

2. Selanjutnya buat code pada class "peminjaman"

public class Peminjaman
{
    public Buku bukuDipinjam;
    public Mahasiswa anggota;
    
    void peminjaman (Mahasiswa member, Buku book)
    {
        anggota=member;
        bukuDipinjam=book;
    }
    
    void lihatdatapeminjaman ()
    {
        System.out.println ("DATA PEMINJAMAN BUKU");
        System.out.println ("NIM : " +anggota.getNIM());
        System.out.println ("Nama : " +anggota.getName());
        System.out.println ("Alamat : " +anggota.getAddress());
        System.out.println ("Judul Buku : " +bukuDipinjam.getTitle());
        System.out.println ("Nama Penulis : " +bukuDipinjam.getWriter());
        System.out.println("");
    }
}

3. Buat code pada class "buku"

public class Buku
{
    protected String title;
    protected String writer;
    
    public void setTitle (String title)
    {
        this.title=title;
    }
    
    public String getTitle()
    {
        return title;
    }
    
    public void setWriter (String writer)
    {
        this.writer=writer;
    }
    
    public String getWriter ()
    {
        return writer;
    }
}

4. Buatlah code pada class "komik"

public class Komik extends Buku
{
    Boolean gambar;
}


5. Selanjutnya kita buat main classnya, beri nama "peminjaman tes"

public class PeminjamanTest
{
    public static void main (String [] args)
    {
        Buku bukuku=new Buku();
        Mahasiswa siswa=new Mahasiswa();
        Peminjaman pinjam=new Peminjaman();
        Komik book=new Komik();
     
        siswa.setNIM (35);
        siswa.setName ("Fitrotun Nur Rohmah");
        siswa.setAddress ("Rembang");
     
        bukuku.setTitle("Pemrograman Berorientasi Object");
        bukuku.setWriter ("Alfa Faridh Suni");
     
        book.setTitle("One Piece");
        book.setWriter("Eichiro Oda");
     
        pinjam.peminjaman (siswa, bukuku);
        pinjam.lihatdatapeminjaman();
     
        pinjam.peminjaman (siswa, book);
        pinjam.lihatdatapeminjaman();
    }
}

6. Hasil ketika kita Run programnya

Sekian dan Terimakasih, semoga dapat bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar